Cerita MPASI-BLW Umar

Makanan Pendamping Air Susu Ibu-Baby Led Weaning

Setelah membaca pengalaman ibu-ibu yang punya bayi, nonton video, sampai mengkhatamkan buku BLW Gill Rapley & Tracey Mutkett yang versi terjemahannya. Akhirnya saya memutuskan akan MPASI Umar dengan metode BLW.

10 hari menjelang 6 bulan Umar udah curi start belajar makan. Minat makan Umar sudah sangat kelihatan. Dia sering mencoba melongo ke piring makan kami, menarik piring, dan mencoba meraih sesuatu dari dalamnya. Kasihan juga melihat anak yang sudah pengen makan tapi dilarang. Ya sudah akhirnya Saya dan Ayah Umar setuju untuk MPASI Umar lebih cepat 10 hari.

Metode BLW sangat alamiah. Kemampuan makan sama dengan merangkak, duduk, dan berjalan. Semua anak akan mampu melakukannya sendiri jika diberi kesempatan mencobanya. Dalam metode ini anak diberi kesempatan memegang makanan, mencicipinya, dan makan sendiri dengan tangannya. Semuanya adalah proses belajar.

Hari pertama Umar mulai makan wortel rebus yang dipotong ukuran jari. Rupanya masih kurang lunak. Dimakan juga, tapi ujung-ujungnya dia nangis. Entah lelah entah kesulitan gigit.

Siangnya, ketika saya sedang makan pisang. Eh tau-taunya Umar mau, dia mencoba meraih pisang dari tangan saya. Jadi saya kasih aja. Sebagian kulit pisangnya saya biarkan biar gak licin waktu dipegang. Menakjubkan, Umar semangat sekali makan pisangnya. Sebagian pasti remuk di tangannya. Tapi cukup banyak juga yang dimakan.

Hari ke duanya Saya kasih pisang lagi sama alpukat. Umar udah lebih jago pegangin pisangnya, pakai dua tangan. Hebat ya bayi, belajarnya  cepat.

Untuk alpukat saya potong bentuk segitiga, tetap saya sajikan bersama kulitnya. Tujuannya biar bisa dipegang, gak langsung blenyek ketika digenggam.

Sekian dulu ya. Hehe

0 Komentar untuk "Cerita MPASI-BLW Umar"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top