MENGELOLA PENGETAHUAN

Manajemen pengetahuan merupakan aspek penting bagi perusahaan yang memiliki kesadaran bahwa keberhasilan perusahaan tergantung pada bagaimana menciptakan dan mengelola pengetahuan. Pengetahuan merupakan sifat individual sekaligus sifat kolektif yang dimiliki perusahaan. Pengetahuan disimpan oleh perusahaan dalam bentuk proses bisnis dan pengetahuan karyawannya. Pengetahuan dapat disimpan dalam e-mail, voice mail, gambar, dan dokumen. Pengetahuan melekat, tidak universal, dan tidak mudah dipindahkan.

Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan, dan menerapkan pengetahuan tersebut ke dalam proses bisnis. Sistem ini menyediakan basis data berikut perangkatnya untuk menyusun dan menyimpan dokumen terrstruktur maupun tidak terstruktur beserta objek pengetahuan lainnya, direktori dan perangkat untuk mencari karyawan yang berpengalaman di bidang tertentu, dan perangkat berbasis Web untuk kolaborasi dan komunikasi.

Pengorganisasian pengetahuan dilakukan dengan mengkombinasikan taksonomi yang dikembangkan sendiri dengan teknik-teknik program pencarian. Taksonomi adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa hingga informasi dan pengetahuan itu mudah diakses. Beberapa alat bantu melakukan penandaan secara otomatis. Pranti lunak SemioTagger Entrieva adalah peranti lunak untuk mengelompokkan dan membuat indeks yang mengidentifikasi kata-kata kunci dalam dokumen, dan memberikan faktor-faktor relevansi untuk kata-kata tersebut, menyusun dokumen dalam kategori-kategori, dan melakukan penandaan dokumen berbasis XML menggunakan aturan-aturan yang dapat dilihat dan dimodifikasi oleh pengguna.

Perusahaan-perusahaan mulai menggunakan teknologi Web umum seperti blog, wiki, dan social bookmarking dalam penggunaan internal untuk melakukan pertukaran informasi. Perusahaan memerlukan cara untuk selalu melacak dan mengatur pembelajaran para karyawan untuk mengintegrasikannya dengan manajemen pengetahuan dan sistem perusahaan lainnya. Sistem manajemen pembelajaran yang sifatnya kontemporer mendukung banyak mode, termasuk CD-ROM, video yang dapat diunduh, kelas berbasis web, forum online, sesi chat dan lain-lain.

Pengetahuan yang tersembunyi dalam keahlian manusia yang sangat spesifik dapat ditangkap oleh sistem ahli yang kerjanya sangat terbatasyang dapat dilakukan soerang pakar dalam hitungan menit atau jam, dan tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah yang tidak dapat diselesaikan manusia dalam waktu singkat. Sistem ahli memberikan keuntungan pada pengambilan keputusan yang berkualitas tinggi dengan jumlah orang yang lebih sedikit. Sistem ahli bekerja dengan memodelkan pengetahuan manusia menjadi serangkaian aturan yang secara kolektif disebut basis pengetahuan sehingga dapat diproses oleh komputer dan menggunakan penalaran maju atau penalaran mndur. Jika pengguna menemukan kasus baru, sistem akan mencari kasus yang mirip dan cocok, lalu menawarkan solusi kasus yang lama untuk kasus baru, dan menyimpan kasus baru dengan solusi yang sukses di dalam sistem.
0 Komentar untuk "MENGELOLA PENGETAHUAN"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top