Masakan Pertama

Pasca punya kompor, akupun membuat sebuah dapur kecil. Berbekal sebuah meja kayu pinjaman Bunda (Ibuk Kos-ku), kutata kompor dan keranjang tingkat dua, tempat meletakkan bahan makanan dan peralatan memasak, di atasnya. Hasilnya sebuah dapur ala kadar yang sangat lumayan.

Dan masakan pertama adalah ikan tumis aceh. Resep dengan menggunakan rempah-rempah tujuh rupa ini aslinya aku belum pernah bikin. Maka dengan hanya berbekal ingatan seadanya dan rasa percaya diri yang berlebihan, aku putuskan untuk mencobanya.

Kumasukkan semua rempah-rempah yang ada ke ulekan. Kutambahkan bawang, cabe, garam, dan segala bumbu pendukung yang lain. Sedikit demi sedikit aku ulek. Hasil ulekan kasar. Ulek lagi. Masih kasar. Ulek lagi. Kasar. Dan kuulang terus-menerus. Tiba-tiba sebuah blender merk philips yang mampu memblender hingga halus segala macam bumbu pun melintas di kepala. "Andai ada blender.." bisik hatiku.

Usai frustasi dengan ulekan yang tetap tidak mau halus, ditambah otot lengan yang sudah tegang karena tidak terbiasa mengulek. Memasak ikanpun tetap kulanjutkan. Ikan yang sebagiannya sudah hancur saat kupotong-potong tadi, kucampurkan dengan bumbu yang kayaknya agak pedas. Beda sekali dengan bumbu yang mamak buat biasanya T.T

Prosedur selanjutnyapun berjalan sesuai SOP. Bawang ditumis. Masukkan ikan. Tambahkan air. Aduk-aduk. Ikanpun Alhamdulillah masak dengan warna merah ceria. Mungkin tersebab cabe merah yang kebanyakan.

Prosesi selanjutnya adalah mencicipi. Dan langsung saja saya umumkan rasanya adalah ASIN sodara-sodara :'( . Selain itu juga PEDAS BANGET sodara-sodara.

Keesokan harinya, aku berakhir tragis bolak-balik ke toilet.

Sekian cerita pengalaman pertama memasak dengan kompor. Nantikan cerita selanjutnya.

Selamat makan. Selamat malam.

0 Komentar untuk "Masakan Pertama"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top