24 karat

Alhamdulillah hari ini ulang tahunku yang ke 24.

Ibarat emas, 24 karat adalah kadar emas paling murni. Bebas dari campuran unsur-unsur lain. Emas 24 karat tidak bisa begitu saja dijadikan perhiasan, karena dia terlalu murni hingga tak bisa dibentuk sesuka hati. Walau begitu, nilainya tetap saja tidak berubah. Semurni kadarnya, nilainyapun begitu murni. Karena dia begitu apa adanya. Berapapun harga emas dunia, sebesar itulah harganya. Apakah rendah? Tidak pernah. Silahkan bawa ke belahan bumi mana saja, ke zona waktu kapan saja, dia tetaplah uang sepanjang zaman.

Emas 24 karat, untuk memperolehnya wajib melalui proses peleburan dan pemurnian yang jujur. Sedikit saja dicurangi agar bertambah beratnya dengan menambah logam lain, tentu berat jenisnya akan jujur bahwa dia tidak lagi murni.

Emas 24 karat. Jika dilebur oleh tangan pengrajin yang terampil, dicampur dengan logam lain yang cocok, dia dapat dibentuk menjadi aneka perhiasan yang indah. Buah tangan dari linto baro kepada dara baro. Nilainya bisa jauh lebih mahal. Tapi jika diserahkan pada tangan-tangan yang curang. Maka akan menjadi sarana menipu untuk mengeruk keuntungan dari masyarakat awam yang kurang paham.

Di umur ini dan ke depannya semoga perkataan, perbuatan, dan ibadah saya semakin murni. Bebas dari menipu, riya, sombong, dan segala bentuk kesia-siaan. Semoga Allah selalu cukup bagi saya. Amiin..

0 Komentar untuk "24 karat"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top