Resep Bakso Ayam

Satu ekor ayam bagi keluarga besar mungkin akan habis dimakan dalam satu hari. Tapi bagi saya yang masih belum punya anggota alias masih berdua saja dengan suami, satu ekor ayam tidak akan habis bahkan hingga 3 hari. Apa lagi suami tipe orang yang cepat bosan, maka pasti malas kalau menunya ayam-ayam terus.

Akhirnya kupesankan pada tukang potong ayam untuk tidak memotong bagian dadanya, biarkan dia tetap utuh untuk mempermudah mengambil dagingnya. Bagian dada adalah bagian yang paling banyak daging. Jadi akhirnya aku bikin bakso deh :)

Bahan : 

Daging ayam bagian dada blender
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica
3/4 sdm garam (sesuai selera)
1 butir telur
3/4 sdt baking powder
Air putih secukupnya (kira2 1/4 cup aqua)
5-6 sdm Tepung kanji.

Cara membuat :
1. Haluskan bumbu
2. Campur semua bahan dengan daging ayam yang telah diblender, kecuali tepung
3. Tambahkan tepung belakangan sedikit demi sedikit hingga adonan lunak namun tidak encer.
4. Panaskan air dengan api kecil-sedang.
5. Ambil segenggam adonan, bentuk sebagaimana biasanya orang membentuk bakso.
6. Masukkan bakso yang telah dibentuk ke dalam air panas yang disediakan.
7. Biarkan hingga bakso mengapung.
8. Jika sudah mengapung, aduk dan biarkan sebentar agar matang sempurna.
9. Angkat, tiriskan.

Bakso pun siap dinikmati dengan kuah sop dan mie, atau dicampur ke dalam tumisan sayuran ;d

0 Komentar untuk "Resep Bakso Ayam"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top