Berbagi Tugas Rumah Tangga

Keluarga ibarat sebuah kapal kata orang. Suami adalah nakhodanya, istri adalah keneknya. Hahahha.. itu angkot kali.

Baiklah, saya memang sering gagal bikin prolog. Harus saya akui, membuat prolog yang bagus masih merupakan bagian tersulit dari kegiatan menulis.

Tapi mengurus urusan rumah tangga sendirian bagi seorang working mom jauh lebih sulit daripada bikin prolog. Makanya, bagi wanita karir yang masih pengen melanjutkan berkarir setelah menikah, saya anjurkan melakukan dua hal sebelum menikah. Yang pertama carilah lelaki yang pengertian, kedua nikahilah lelaki yang pengertian itu.

Saya sendiri termasuk golongan yang lupa mencari lelaki pengertian. Tapi Alhamdulillah Allah menghadiahkan salah satunya untuk saya :D

Sejak awal menikah, suami yang pada dasarnya sama pemalas (seperti saya), sudah rela bantu-bantu urusan rumah tangga. Maklum, kalau gak dibantuin saya akan ngadu ke neneknya :D

Di rumah, ada pembagian tugas yang sudah diatur bersama, saya memasak, suami bantu cuci piring. Saya menyetrika pakaian, suami yang mencuci pakaian. Saya menyapu, suami pergi main futsal dan ngopi bersama teman-temannya. Iyalah.. saat di rumah tidak banyak pekerjaan, tentu saja suami masih bisa beraktifitas di luar rumah.

Untuk urusan belanja, biasanya saya dan suami akan berbelanja di hari minggu. Belanja seminggu sekali banyak keuntungannya. Untuk ongkos bensin sudah hemat karena tidak harus setiap hari ke pasar. Pagi tidak kebingungan mau masak apa karena bahan sudah tersedia. Lebih hemat waktu. Dana yang dikeluarkan lebih efisien. Soalnya dulu ketika saya setiap hari ke pasar, selalu ada hal tambahan yang saya beli di luar rencana belanja awal. Boros deh jadinya. Dan yang terakhir bisa berpetualang seru di pasar berdua suami. Ngincar buah-buahan harga murah. Iya, kebetulan di tempat kami tinggal setiap hari minggu adalah hari pekan raya. Banyak pedagang dari dalam maupun sumatera utara yang ikut berjualan. Jadi banyak pedagang buah dengan harga super miring di sana, misalnya jeruk atau salak manis yang harganya cuma 5 sampai 8 ribu per kilogram.

Setiap belanja, ada empat bahan utama yang kami incar :

1. Ikan
2. Sayuran
3. Bumbu dapur
4. Buah-buahan

Sekian dulu. Salam seru ibu rumah tangga baru :)

0 Komentar untuk "Berbagi Tugas Rumah Tangga"

Do'aku di Malam Ramadhan

Ya Allah  Saya mohon maaf sekali meniru dakwahnya Gus Baha yang saya nonton di youtube dalam berdo'a ala salah satu sahabat. Kebetulan s...

Back To Top